Kamis, 28 Mei 2009

Kehidupan di Brunei

Kemarin pagi (230509) saya kedapetan tamu dari Brunei. Beliau lg ngerencanain merit sm sepupunya bini gw, sekalian berkunjung ke tempat calon mertuanya. Dari 2 jam obrolan, dia cerita tentang kehidupan di Brunei. ada 3 point yg saya ambil :

Pendidikan gratis sampe ke jenjang kuliah.
Semua penduduk sipil disana dapet fasilitas pendidikan gratis sampe ke universitas. Hhmmm ... di Indonesia kapan yaa bisa sampe ke jenjang kuliah ???
Semua biayanya di tanggung sama pemerintah (raja/kerajaan). Cuma alat-alat tulis aja yg beli sendiri.

Pengobatan gratis (pembedahan, rawat inap, obat, ambulance, dll).
Semua jenis penyakit, biaya pengobatannya ditanggung. Yang saya tau, kalo di Indo cuma DBD aja yg gratis. Itupun prosesnya ribet. Dan pasiennya harus keluarga dari yang kurang mampu.
Ibunya beliau masih menjalani pembedahan. Billnya kurang lebih sekitar 25 jutaan. Beliau Cuma ngeluarin 1 ringgit doang buat pendaftaran. Atau Rp. 7.101,29 (sumber : http://www.beacukai.go.id/rates/exchRateID.php).

Kendaraan bermotor (sepeda motor).
Beliau kaget ketika ngeliat banyak pengendara sepeda motor yg di dominasi oleh anak-anak. “Begitu brutalnya mereka” dengan tegasnya. Dijawab, jangan kaget mas. Disini anak kecil umur 10 tahun aja keliaran naik motor. “SIM nya ?”. saya jawab, yaaa mereka engga pernah peduli surat menyurat. Yang penting bisa pamer knalpot.
“kalau disana sangsi apapun di jalan raya, bakalan di tahan SIMnya selama 1 tahun dan denda 250 ringgit (sekitar 1.750.000an)”. wow … begitu ketatnya peraturan disana.

Share yang cukup ringkes tapi padat dengan kritikan. Mudah-mudahan pemerintahan kita bisa meniru manajemen kenegaraannya kaya di Brunei. Tapi kalo bisa sih jangan yang pake tahan SIM 1 tahun & denda 250 ringgit …. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar